Mobile Banking Mandiri

Advertisement

E-Banking

Agar mudah melakukan transaksi keuangan yang sering kita lakukan seperti transfer antar rekening, pembayaran listrik, internet, isi ulang pulsa dan lain-lain gunakanlah e-bankingE-banking atau yang juga dikenal dengan istilah internet banking adalah kegiatan transaksi perbankan yang dilakukan dengan menggunakan website milik bank melalui jaringan internet. Untuk melakukan transaksi perbankan dengan e-banking kita membutuhkan komputer atau android dan jaringan internet. Kelebihan transaksi dengan menggunakan E-banking ini adalah mudah, cepat dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama ada komputer atau android serta jaringan internet.
Sekarang ini, hampir semua bank menyediakan website untuk memberikan layanan e-banking, salah satunya adalah Bank Mandiri. Salah satu layanan e-banking dari Bank Mandiri adalah SMS Banking dan Mobile Banking. Saya sendiri adalah pengguna Mobile Banking Mandiri dan sudah merasakan cepat dan mudahnya melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan Mobile Banking Mandiri serta tidak perlu repot-repot keluar rumah dan juga tidak terbatas dengan waktu, bisa melakukan transaksi kapan saja.

Disini saya akan membahas bagaimana cara agar kita bisa menggunakan layanan Mobile Banking Mandiri.

Bagaimana Cara Menggunakan Layanan Mobile Banking Mandiri?


Untuk bisa menggunakan mobile banking mandiri, hal yang wajib kita miliki adalah hp android dan jaringan internet. Untuk memulai, langkah pertama kita daftarkan dulu nomor hp kita melalui mesin atm. setelah itu lakukan aktivasi di customer service. Sampai sini sms banking kita sudah aktif, kita bisa melakukan transaksi dengan sms dengan layanan *141*6#.
Untuk menggunakan mobile banking, setelah kita mempunyai PIN SMS banking, unduhlah aplikasi mobile banking mandiri di hp android kita. Lakukanlah aktivasi dengan memasukan password 8 digit alfa numerik. Setelah itu akan ada konfirmasi sms ke nomor hp yang sudah kita daftarkan tadi. Setelah konfirmasi berhasil maka kita bisa mulai bertransaksi dengan mobile banking mandiri.

Transaksi apa saja yang bisa kita lakukan dengan mobile banking mandiri?


Ada banyak transaksi yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah:
  • Cek Saldo
  • Transfer sesama Mandiri atau antar Bank
  • Kliring dan RTGS
  • Pembelian Pulsa GSM dan CDMA Prabayar
  • Pembayaran GSM Pasca Bayar: Kartu Halo, Matrix, XL dan 3
  • Pembayaran Telkom, TV Kabel, PLN, Kartu Kredit, Pajak, Asuransi, Pendidikan, dll

Berikut adalah cara melakukan transaksi untuk beberapa transaksi dengan menggunakan aplikasi mobile banking mandiri:

Cek Saldo:
  • Buka Aplikasi Mobile Banking 
  • Kemudian Login, masukkan Password kemudian tekan ok
  • Tunggu tanda di sebelah kanan atas berwarna hijau (artinya sudah tersambung)
  • Kemudian pilih menu rekening. Pada layar akan tampil nomor rekening dan jumlah saldo.
  • Jika kita tekan nomor rekening tersebut akan tampil informasi rekening yang berisi 5 transaksi terakhir.

Transfer sesama Mandiri:
  • Buka Aplikasi Mobile Banking 
  • Kemudian Login masukkan Password kemudian tekan ok
  • Tunggu tanda di sebelah kanan atas berwarna hijau (artinya sudah tersambung)
  • Kemudian pilih menu transfer
  • Mandiri
  • Tekan menu Rekening Tujuan
  • Masukkan Nomor Rekening Tujuan. Jika kita ingin menambahkan ke daftar transfer, silahkan tekan "no" disebelah "tambah ke daftar transfer" maka akan muncul tampilan "yes". Menambahkan nomor rekening ke daftar transfer akan memudahkan kita dalam melakukan transaksi berikutnya. Jika kita ingin melakukan transfer ke rekening tersebut, kita tidak perlu lagi meng-input nomor rekening, cukup memilihnya dari daftar transfer.
  • Setelah selesai memasukkan nomor rekening tujuan tekan ok
  • Kemudian input jumlah yang ingin ditransfer
  • Pada kolom keterangan, kita bisa memberikan keterangan jika diperlukan, tapi bisa juga dilewat
  • Kemudian tekan lanjut
  • Pada layar akan muncul konfirmasi, jika semua sudah benar masukkan PIN sms Banking lalu tekan ok.
  • Jika transaksi berhasil, maka akan ada konfirmasi transaksi berhasil dan bukti transaksi bisa dilihat di kotak pesan.

Transfer ke Bank lain:
  • Buka Aplikasi Mobile Banking 
  • Kemudian Login masukkan Password kemudian tekan ok
  • Tunggu tanda di sebelah kanan atas berwarna hijau (artinya sudah tersambung)
  • Kemudian pilih menu transfer
  • Tekan menu "online"
  • Rekening Tujuan
  • Masukkan nomor rekening dan pilih nama Bank Tujuan (Karena sudah ada pilihan Bank tujuan, kita tidak perlu memasukkan kode bank.).  Jika kita ingin menambahkan ke daftar transfer, silahkan tekan "no" disebelah "tambah ke daftar transfer" maka akan muncul tampilan "yes". Menambahkan nomor rekening ke daftar transfer akan memudahkan kita dalam melakukan transaksi berikutnya. Jika kita ingin melakukan transfer ke rekening tersebut, kita tidak perlu lagi meng-input nomor rekening, cukup memilihnya dari daftar transfer.
  • Kemudian tekan ok
  • Masukkan jumlah uang yang akan ditransfer
  • Masukkan Nomor Referensi
  • Kemudian tekan lanjut
  • Pada layar akan muncul konfirmasi, jika semua sudah benar masukkan PIN sms Banking lalu tekan ok.
  • Jika transaksi berhasil, maka akan ada konfirmasi transaksi berhasil dan bukti transaksi bisa dilihat di kotak pesan.

Isi Ulang Pulsa Simpati/As/XL/Mentari/IM3/3:
  • Buka Aplikasi Mobile Banking 
  • Kemudian Login masukkan Password kemudian tekan ok
  • Tunggu tanda di sebelah kanan atas berwarna hijau (artinya sudah tersambung)
  • Kemudian pilih menu beli
  • Isi ulang gsm prabayar
  • Tekan Penyedia Layanan kemudian pilih provider kartu
  • Isi nomor hp
  • Kemudian pilih nilai isi ulang
  • Kemudia tekan lanjut
  • Pada layar akan muncul konfirmasi, jika semua sudah benar masukkan PIN SMS Banking lalu tekan ok.
  • Jika transaksi berhasil, maka akan ada konfirmasi transaksi berhasil dan bukti transaksi bisa dilihat di kotak pesan.

Bayar Kartu Pasca Bayar Kartu Halo/Matrix/XL/3

  • Buka Aplikasi Mobile Banking 
  • Kemudian Login masukkan Password kemudian tekan ok
  • Tunggu tanda di sebelah kanan atas berwarna hijau (artinya sudah tersambung)
  • Kemudian pilih menu bayar
  • Tekan menu gsm
  • Pilih provider kartu pada penyedia layanan
  • Masukkan nomor telpon
  • Kemudian tekan lanjut.
  • Pada layar akan muncul konfirmasi, jika semua sudah benar masukkan PIN SMS Banking lalu tekan ok.
  • Jika transaksi berhasil, maka akan ada konfirmasi transaksi berhasil dan bukti transaksi bisa dilihat di kotak pesan.

Bayar PLN Pasca Bayar
  • Buka Aplikasi Mobile Banking 
  • Kemudian Login masukkan Password kemudian tekan ok
  • Tunggu tanda di sebelah kanan atas berwarna hijau (artinya sudah tersambung)
  • Kemudian pilih menu bayar
  • Listrik
  • Pilih PLN pada menu Penyedia Layanan
  • Kemudia Masukka Nomor Pelanggan
  • Tekan Lanjut
  • Pada layar akan muncul konfirmasi, jika semua sudah benar masukkan PIN SMS Banking lalu tekan ok.
  • Jika transaksi berhasil, maka akan ada konfirmasi transaksi berhasil dan bukti transaksi bisa dilihat di kotak pesan.

Beli Token PLN Pra Bayar
  • Buka Aplikasi Mobile Banking 
  • Kemudian Login masukkan Password kemudian tekan ok
  • Tunggu tanda di sebelah kanan atas berwarna hijau (artinya sudah tersambung)
  • Kemudian pilih menu bayar
  • Listrik
  • Pilih PLN PRABAYAR pada menu Penyedia Layanan
  • Masukkan No Meter
  • Pilih Nominal yang ingin dibeli
  • Kemudian tekan Lanjut
  • Pada layar akan muncul konfirmasi, jika semua sudah benar masukkan PIN SMS Banking lalu tekan ok.
  • Jika transaksi berhasil, maka akan ada konfirmasi transaksi berhasil dan bukti transaksi bisa dilihat di kotak pesan.
  • Untuk mengetahui nomor Token, silahkan lihat di bukti transaksi berhasil.

Cara Melihat Bukti Transaksi Berhasil pada Kotak Pesan:
  • Pada halaman pertama, masuk ke menu admin
  • Kemudian tekan kotak pesan
  • Pada layar akan muncul transaksi-transaksi yang telah kita lakukan. Silahkan pilih, transaksi mana yang ingin dilihat.